Tips aman Menidurkan Bayi

Cara menidurkan bayi yang benar dapat membantu mencegah sindrom kematian bayi mendadak. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menidurkan bayi, antara lain:

  1. Pastikan kasur bayi tidak terlalu empuk dan memakai sprei yang pas.
  2. Jangan pernah menidurkan bayi pada tempat tidur air, bantal, sofa, kursi, ataupun permukaan empuk lainnya.
    Jangan menaruh bantal ekstra, selimut, atau boneka, dan jangan menggunakan bumper atau pelapis pada pinggiran boks bayi.
  3. Pakaikan baju yang nyaman dan tidak berlebihan pada bayi. Sesuaikan suhu ruang tidur bayi, agar tidak terlalu hangat dan tidak terlalu dingin.
  4. Hindari bayi dari asap rokok atau asap lainnya.
  5. Upayakan menyusui bayi Anda. Bukti ilmiah menunjukkan bahwa risiko sindrom kematian bayi mendadak dapat menurun dengan memberikan ASI pada bayi. Alasan yang diduga adalah karena ASI melindungi bayi dari infeksi yang meningkatkan risiko SIDS.
  6. Berikan dot bayi atau empeng setelah usia satu bulan, untuk membantunya tidur. Dot bayi tersebut diduga dapat menurunkan risiko SIDS. Namun, jika bayi menolak, jangan dipaksa.
  7. Bayi dengan dengan gangguan asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), kemungkinan lebih baik tidur tengkurap. Konsultasikan dengan dokter anak untuk posisi tidur terbaik.

Menidurkan bayi dalam posisi dan kondisi aman sangatlah penting. Sebaiknya tetap waspada ketika bayi tidur tengkurap, perhatikan juga lingkungan di sekitar boks bayi. Singkirkan benda atau aksesori berlebihan yang bisa berbahaya bagi bayi, sehingga dapat menghindari risiko menimbulkan gangguan pernapasan pada bayi Anda.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*