Cara ampuh memilih Durian yang segar

Durian, buah ini memiliki ciri khas berlekuk tajam seperti duri. Tumbuhan tropis ini dijuluki sebagai si raja buah. Bisa dimaklumi, di tempat asalnya Asia Tenggara, durian memang sangat populer meskipun sejumlah kontroversi kesehatan menyertainya. Berbeda dengan di Asia Tenggara, di negara barat, durian justru dijuluki The Nastiest Fruit Ever atau buah paling menjijikkan yang pernah ada. Kebanyakan, orang barat akan mengomentari tentang baunya. ‘Buah paling bau di dunia’, begitu kira-kira durian disebut.

Saking menjijikkannya durian buat orang barat, sebuah acara reality show tantangan di Amerika pernah menjadikan durian sebagai salah satu tantangan para pesertanya. Tidak usah jauh-jauh, para penulis makanan terkenal di Eropa menyeberangi negerinya untuk mencicipi durian. Lalu apa tanggapan mereka? “Rasanya seperti bawang lembek yang benar-benar busuk.” Anthony Burgess, penulis makanan, juga memberikan kesannya pada durian. Katanya, “Seperti makan puding raspberry di WC.”

Penulis makanan Richard Sterling berkomentar, “Bau yang paling tepat menggambarkannya adalah seperti bau terpentin dan bawang yang dicampur dengan kaus kaki olahraga kotor.” Sementara, Anthony Bourdain, koki dan pembawa acara televisi, pun berkomentar tak kalah sarkas, “Napas Anda akan benar-benar bau seolah-olah Anda baru saja berciuman dengan nenek Anda yang sudah wafat. ”Pencinta atau pembenci durian seperti berada di kutub positif atau negatif. Buat mereka yang suka durian, tak ada yang bisa menandingi kelezatan buah ini. Sebaliknya, mereka yang tak suka, jangankan untuk makan, mencium baunya dari jarak beberapa meter pun akan membuat mereka mual. Itulah dilema durian.

Lepas dari semua itu, harus diakui di Indonesia pencinta durian begitu banyak. Buah ini telah dibuat menjadi berbagai macam olahan makanan modern. Namun, tampaknya tak ada yang menandingi kelezatan durian saat kita menyantapnya langsung setelah durian dibelah.

Dirangkum CNN Indonesia, berikut ini adalah tips untuk memilih si raja buah yang terkenal itu:

Cium aromanya

Ini adalah cara termudah mengetahui durian segar. Aroma yang kuat menunjukkan buah masih segar. Namun, jika aroma sudah memudar, berarti durian tersebut sudah lama dipetik dari pohonnya, aromanya pun hilang menguap.

Aroma durian pun berbeda-beda. Jika aroma yang tercium manis maka rasa durian adalah manis. Kalau aroma yang tercium pekat memahit maka durian terasa agak pahit. Durian mentah tidak mengeluarkan bau harum yang tajam, hanya bau segar buah yang lembut.

Perhatikan kulitnya

Sebaiknya jangan beli buah durian yang kulit luarnya sudah berlubang walau hanya sedikit. Sebab, bisa saja cacing masuk ke bagian dalam buah. Cari durian yang kulitnya mulus dan tidak ada lubang-lubang.

Durian yang durinya besar-besar, biasanya daging buahnya tebal. Kalau ingin berdaging kering dan padat, pilih yang durinya jarang dan besar. Jika ingin yang berdaging basah, pilih yang kulitnya berjarak dekat.

Bentuknya

Durian yang berbentuk lonjong oval seperti jantung biasanya lebih baik daripada yang bulat. Hindari durian yang bentuknya kurang simetris, pertanda buah di dalamnya ada yang tidak utuh. Durian yang sudah merekah biasanya rasanya sudah hambar, yang tersisa biasanya hanya rasa manis.

Dengarkan suaranya

Langkah ini biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah ahli dalam memilih durian. Segar atau tidaknya durian bisa dideteksi dari suara saat durian digoyang-goyangkan. Jika bunyi durian terdengar berat berisi, berarti buah segar dan matang.

Jika bunyinya ringan seperti ada rongga, berarti durian sudah tidak segar, bisa saja bagian dalamnya sudah membusuk. Tepuk-tepuk bagian kulit dengan benda tumpul. Jika bergema berarti sudah matang sempurna.

Lihat bagian atasnya

Coba lihat bagian tangkai atas. Jika tangkainya sudah tidak bergetah atau sudah kering, tandanya durian sudah lama diambil dari pohonnya. Jadi, carilah durian yang masih bergetah bagian atasnya.

Lihat bagian bawahnya

Durian yang terlalu matang bagian bawah buahnya akan retak walau hanya sedikit. Tugas Anda, pastikan tidak ada retakan pada kulit luah bagian bawah durian. Sebab itu menandakan durian matang dengan sempurna.

Satu durian besar lebih baik

Membeli satu buah durian yang besar lebih baik daripada tiga durian kecil-kecil. Isi satu durian yang besar setara dengan empat sampai lima durian kecil.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*